I'm trying hard to collect anything about Peterpan Band, and this what I got
Published on October 15, 2006 By Cabang Flipper In Blogging
Popularitas grup musik Peterpan, rupanya mengusik manajemen PT Exelcomindo Pratama. Operator seluler dengan brand XL ini, memang tengah gencar membidik kalangan muda sebagai pelanggan. Peterpan sendiri dikenal sebagai salah satu kelompok musik idola anak muda. Peterpan dianggap cocok sebagai ikon untuk produk dengan segmentasi anak muda.
XLpun meminang Ariel dan kawan-kawan agar mau menjadi ikon XL. Rupanya pinangan manajemen XL disambut baik grup musik asal Bandung ini. Peterpan, kini resmi menjadi 'ikon' XL untuk produk kartu bebas. Bebas merupakan kartu prabayar XL untuk kategori entry level. Selain bebas, XL juga memiliki kartu prabayar bebas. Sementara untuk pelanggan pascabayar tersedia Xplor.
Chief Executive Officer XL, Chistian Manuel de Faria mengemukakan melalui kartu prabayar bebas, pihaknya memang tengah membidik segmen anak muda usia 15-24 tahun.
Kehadiran Peterpan, kata de Faria, diharapkan mampu mendukung penetrasi pasar yang dikembangkan XL. ''Kami berharap grup musik papan atas ini dapat menjadi jembatan penghubung untuk mengkomunikasikan produk bebas kepada konsumen,'' ungkap de Faria di Jakarta, pekan lalu.
Bebas memang menjadi salah satu andalan XL. Dari seluruh pelanggan XL saat ini, sekitar 45 persen adalah pelanggan bebas. ''Pengguna bebas, didominasi oleh anak muda,'' kata. Direktur Cooporate Affair XL, Rudiantara.
Berbicara mengenai pelanggan, Rudiantara mengemukakan mayoritas pelanggan--sekitar 90 persen--, adalah pelanggan kartu prabayar. ''Untuk kategori pelanggan prabayar, pelanggan kartu bebas dengan jempol cukup berimbang,'' papar Rudiantara kemudian.
Peterpan akan menjadi duta bebas dari XL mulai 1 September 2005 hingga 1 Maret 2007 (18 bulan). Kesepakatan kerjasama ini telah dilakukan di Jakarta pada 11 Juli 2005.
Sebagai duta bebas dari XL, Peterpan akan melakukan serangkaian kampanye produk. Grup musik yang terdiri dari Nazril Irham (Ariel-vokal), Hendra Suhendra (Indra-basis), Andika Naliputra (Dika-keyboard), Lukman Hakim (gitar), Mohammad Kautsar Hikmat (Uki-gitar) dan Ilsyah Ryan Reza (Reza-drum) ini akan memberikan edukasi bagi pengguna dan calon pengguna bebas. Selain itu, Peterpan juga akan tampil di sebagian besar materi produk baik lewat iklan atau program acara.
Bagi Peterpan sendiri, seluler merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan keseharian mereka. Apalagi grup musik ini belum memiliki manajer baru. Seluler disebut Ariel banyak membantu, bahkan sebagian besar aktivitas dilakukan dengan seluler.
Karena tak memiliki manajer tadi, seluruh personel Peterpan kebagian tugas.''Saya kebagian ngurus order dan job Peterpan. Jadi kerjaannya terima telepon terus. Urusan manggung menjadi urusan saya,'' ujar Ariel.
Ujung-ujungnya, tagihan pulsa Ariel membengkak hampir limakali lipat. Pada kondisi normal, tagihan pulsa sekitar Rp 500 ribu. ''Sekarang bisa mencapai Rp 2,5 juta setiap bulan,'' cerita Ariel.
Tingginya tagihan pulsa dilukiskan Ariel sebagai risiko pekerjaan. Boleh jadi, setelah menjadi Duta bebas, tagihan pulsa akan melonjak drastis. Ariel mengatakan, dengan menjadi Duta bebas dari XL hubungan dengan para penggemarnya akan semakin dekat. Mayoritas penggemar Peterpan, katanya, memang anak muda. ''Ini merupakan ajang promosi buat Peterpan juga. Kami sadar kalau tidak ikut menggunakan teknologi, pasti akan ketinggalan,'' katanya.
Pelantun tembang 'Ada Apa Denganmu' itu mengaku, banyak operator yang sudah menawarkan kerjasama dengan Peterpan. Namun, grup musik yang sedang mempersiapkan soundtrack sebuah film itu akhirnya memilih XL. Wujud kerjasama ini, lanjutnya, berupa pemasangan baliho dan spanduk pada setiap konser Peterpan. Selain itu, logo XL juga akan hadir pada sampul album terbaru Peterpan yang akan dirilis dalam waktu dekat ini.


Comments
No one has commented on this article. Be the first!